Selamat Datang di Nagari Taram, jam Pelayanan dibuka Pukul 08.00 sampai pukul 16.00 dengan jam istirahat 12.00 -13.00. Kepada Masyarakat yang berurusan ke Kantor Wali Nagari Taram Harap berpakaian sopan, memakai masker, mamatuhi protokol Covid-19 dan membawa slip pembayaran PBB. Untuk Layanan Mandiri Dapat menghubungi Nomor Whatsapp 0823 8463 1680 untuk mendapatkan PIN akun anda .Jaga selalu kesehatan kita. Terimakasih

Artikel

Kolaborasi, Politani Payakumbuh Latih Pengelolaan Homestay

01 November 2023 14:34:05  Administrator  171 Kali Dibaca  Berita Desa

Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Payakumbuh  berkolaborasi dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) menggelar pelatihan pengelolaan homestay. Tim pelaksana terdiri dari dosen multidisiplin ilmu yaitu,  Dr Iis Ismawati SHut MSi ketua, Dr Nurul Fauzi SE MM Ak CA, Ranti Komala Dewi SS MPar MGATH, Ir Ermiati MSi dan Andrik Martha SP MP anggota.

Kegiatan ini dilakukan di salah satu Rumah Gadang  warga, dan dibuka Wali Nagari Taram Nanang Anwar, baru-baru ini. “Salah satu komponen wisata yang perlu dikembangkan untuk mendukung destinasi wisata adalah keberadaan homestay untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Selain itu, homestay juga bagian yang tidak bisa dipisahkan dari desa wisata, homestay menjadi amenitas pariwisata yang memadukan penginapan dan pengalaman maupun budaya lokal yang otentik sebagai atraksinya,” ujar Nanang.

Dengan berkembangnya homestay Rumah Gadang di Nagari Taram, tambah dia, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal, serta meningkatkan jati diri maupun identitas budaya lokal melalui konsep arsitektur pada bangunan Rumah Gadang yang dimanfaatkan sebagai homestay.

Lebih lanjut Nanang berpesan, untuk terus meningkatkan sinergi antar stakeholder pariwisata di Nagari Taram dengan menerapkan model pentahelix melibatkan  pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas dan media. Di mana, kerja sama pentahelix menumbuhkan kreativitas dan membantu pengembangan sosial ekonomi daerah berdasarkan kearifan lokal.

Dr Iis Ismawati menambahkan, pelatihan Homestay Rumah Gadang ini bagian dari upaya meningkatkan length of stay wisatawan di Nagari Taram. Konsep yang diusung adalah pelestarian keotentikan budaya lokal yang dimiliki nagari.

Pihaknya tidak ingin dengan bertumbuhnya sector pariwisata di Taram diikuti oleh menjamurnya pembangunan homestay tak terkontrol yang  justru mengurangi orisinalitas dan kekhasan sebuah desa wisata.

Baca Juga:  Berprestasi di Nasional, Fanny Firgina Aura Diapresiasi Gubernur

“Hasil survei tim pelaksana kita di lapangan, terungkap bahwa di Taram ini masih banyak rumah gadang yang kosong dan ditinggalkan merantau pemiliknya. Potensi inilah yang kita berdayakan, harapannya selain masyarakat mendapat tambahan pendapatan juga yang lebih penting adalah terpeliharanya aset budaya nagari berupa rumah gadang tersebut,” imbuh Iis.

Acara ini menghadirkan narasumber Rici Candra Dt Pangulu Sati ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sekaligus pengelola Homestay Rumah Gadang Nagari Saribu Gonjong (Sarugo) Kecamatan Gunuangomeh yang sudah mendapatkan penghargaan sebagai juara 4 kategori homestay pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kemeparekreaf RI tahun 2021.

Hadir sebagai peserta dari perwakilan Pokdarwis, pemilik Rumah Gadang Taram, dan pemerintahan nagari Taram. Selain mendapatkan materi dan berdiskusi, para peserta juga langsung praktik demontrasi seperti bagaimana cara dan langkah-langkah menerima tamu bagian dari  penerapan SOP Homestay Rumah Gadang.

Dalam kesempatan tersebut juga disepakati, aturan-aturan adat nagari yang menjadi bagian dari penyusunan SOP. Luaran pelatihan berupa dokumen standar operasional prosedur pengelolaan Homestay Rumah Gadang Nagari Taram. Dokumen ini penting, agar pengelola homestay memiliki acuan yang sama dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.

“Ucapan terima kasih kepada Direktorat Akademik Perguruan Tinggi Vokasi Kemdikbudristek yang telah mendanai kegiatan ini sesuai dengan Kontrak PKS No. 152/PKS/D.D4/PPK.01.APTV/V/2023 dan No. 2737/PL25/KS/2023. Kita berharap setelah mendapatkan pelatihan ini, tingkat hospitality di Nagari Wisata Taram dapat meningkat,” ujar dia. (r)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong Tanjuang Kubang Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : Taram
Kecamatan : Harau
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26271
Telepon : 0752789095
Email : walinagaritaram@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:123
    Kemarin:249
    Total Pengunjung:244.680
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.220.154.41
    Browser:Mozilla 5.0