Selamat Datang di Nagari Taram, jam Pelayanan dibuka Pukul 08.00 sampai pukul 16.00 dengan jam istirahat 12.00 -13.00. Kepada Masyarakat yang berurusan ke Kantor Wali Nagari Taram Harap berpakaian sopan, memakai masker, mamatuhi protokol Covid-19 dan membawa slip pembayaran PBB. Untuk Layanan Mandiri Dapat menghubungi Nomor Whatsapp 0823 8463 1680 untuk mendapatkan PIN akun anda .Jaga selalu kesehatan kita. Terimakasih

Artikel

Alpukat Nagari Taram Terbaik di Sumbar

11 Maret 2019 09:19:51  Administrator  512 Kali Dibaca  Berita Desa

SARILAMAK, HARIANHALUAN.COM – Buah alpukat Harau milik Asril anggota Kelompok Tani Sarasah Jorong Tanjuang Ateh, Nagari Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, meraih juara pertama lomba Alpukat unggul tingkat Sumatera Barat, tahun 2018.

Penilaian itu dikeluarkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Balai Penelitian Buah Tropika.

Kabid Hortikultura Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota, Irsam, SP didampingi Kasi Perbenihan dan Perlindungan Hortikultura Vivi Febri, SP kepada` wartawan di Sarilamak, kemaren mengatakan, pihaknya sekarang ini tengah mempersiapkan untuk proses varitas unggul nasional.

“Melalui berbagai keunggulannya, kita optimis varitas unggul lokal alpukat Kecamatan Harau ini mampu menembus varitas unggul nasional,” tutur Irsam.

Menurut dia, keunggulan produk hortikulturan tersebut, antara lain ukuran buah yang besar dengan berat mencapai 0,97 kg, buah bisa dikonsumsi langsung dengan rasa “kamek” (enak, red) dan seperti rasa mentega. Selain itu, kulit buah tipis dengan warna masak ungu dan buah bisa disimpan lama dengan daya tahan mencapai dua minggu setelah matang.

“Alpukat Harau ini memang memiliki beberapa keunggulan yang antara lain ukuran dan rasa, serta daya tahan buah yang lama. Jadi tak heran kalau Alpukat itu tampil menjadi yang terbaik di Sumatera Barat tahun ini,” sela Ketua Kelompok Sarasah Muhammad Yahya.

Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi yang dihubungi terpisah, mengapresiasi varitas unggul tersebut. Ia meminta produk pertanian itu dikembangkan di Kabupaten Limapuluh Kota sebagai salahsatu komoditi yang diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian masyarakat khususnya petani.

“Saya ingin varitas unggul itu dikembangkan dan diharapkan mampu mendorong para petani buah di daerah ini untuk meningkatkan standar kualitas hingga mampu merambah pasar yang lebih menguntungkan seperti pasar modern hingga ekspor,” tutur Irfendi Arbi.

Ia berharap, komoditi ini juga mendapat pengakuan resmi dari Kementerian Pertanian sebagai varietas benih lada unggul nasional. Untuk itu pihak terkait diminta segera melakukan pendaftaran alpukat Harau itu menjadi varitas unggul nasional.

“Dengan adanya pengakuan varietas unggul nasional itu nantinya, kita berharap alpukat ini menjadi komoditi yang diminati petani dan makin terbuka peluang pengembangan bibit Alpukat tersebut yang pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian,” tuturnya. (h/zkf)

Andri Jaswin
09 Juni 2022 21:19:14
Assallamualaikum, Saya sangat tertarik untuk membuka kebun alpukat tapi belum ada pengalaman. Apakah bisa dibantu dengan pelatihan serta bimbingan untuk saya sebelum terjun ke dunia alpukat ini? Mulai dari menentukan lahan, bibit, serta perawatan sampai panen. Mohon pencerahannya para senior ku. Terima kasih, Andri.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong Tanjuang Kubang Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : Taram
Kecamatan : Harau
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26271
Telepon : 0752789095
Email : walinagaritaram@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:154
    Kemarin:203
    Total Pengunjung:130.351
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.229.117.149
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel