Selamat Datang di Nagari Taram, jam Pelayanan dibuka Pukul 08.00 sampai pukul 16.00 dengan jam istirahat 12.00 -13.00. Kepada Masyarakat yang berurusan ke Kantor Wali Nagari Taram Harap berpakaian sopan, memakai masker, mamatuhi protokol Covid-19 dan membawa slip pembayaran PBB. Jaga selalu kesehatan kita. Terimakasih

Artikel

PPID (Pejabat pengelola Informasi dan Dokumentasi)

02 Agustus 2019 13:39:19  Administrator  128 Kali Dibaca 

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI

Salam Transparansi

Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang¬undangan. Hak atas Informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan Informasi Publik.

Keberadaan Undang-¬undang tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan (1) hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi; (2) kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana; (3) pengecualian bersifat ketat dan terbatas; (4) kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Setiap Badan Publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas Informasi Publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas. Lingkup Badan Publik dalam Undang-undang ini meliputi lembaga eksekutif, yudikatif, legislatif, serta penyelenggara negara lainnya yang mendapatkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)/Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan mencakup pula organisasi nonpemerintah, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, seperti lembaga swadaya masyarakat, perkumpulan, serta organisasi lainnya yang mengelola atau menggunakan dana yang sebagian atau seluruhnya bersumber dari APBN/APBD, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.

Sesuai dengan amanat pasal 13 UU No.14 Tahun 2008  Pemerintah Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima puluh Kota sebagai salah satu Badan Publik telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Dengan terbentuknya PPID pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi public yang dihasilkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sesuai dengan ketentuan dalam UU No. 14 Tahun 2008. Dengan terbentuknya PPID di Nagari Taram, Pemerintah Nagari berharap masyarakat dapat mengetahui semua informasi Nagari Taram secara terbuka.

Pemerintah Nagari Taram juga berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat dengan adanya satu layanan yang terstruktur dan terintegrasi, yaitu melaui bentuk layanan. Informasi yang disajikan tersebut berupa layanan Berbasis Digital dengan menggunakan Sistem Informasi Desa/Nagari (OpenSID). Melalui Sistem Informasi Desa/nagari (openSID) banyak informasi yang dapat diakses langsung oleh masyakat di website nagari antara lain informasi Profil Pemerintahan Nagari, Perencanaan Pembangunan Nagari (PRJM, APBNagari, RKP Nagari), realisasi Keuangan Nagari dan lain sebagainya. Berbagai sistem informasi yang dibangun sebagai upaya Pemerintahan Nagari dalam mengedepankan langkah inovasi untuk mempermudah akses informasi oleh masyarakat. PPID Nagari Taram beserta Pemerintahan Nagari Taram juga telah melahirkan standar pelayanan administrasi terpadu nagari ( padan )di kantor nagari  Taram kecamatan Harau kabupaten lima puluh kota.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong Tanjuang Kubang Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : Taram
Kecamatan : Harau
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26271
Telepon : 0752789095
Email : walinagaritaram@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:0
    Kemarin:0
    Total Pengunjung:0
    Sistem Operasi:
    IP Address:
    Browser:

Arsip Artikel

13 Juni 2018 | 7.968 Kali
Sejarah Nagari
24 Agustus 2016 | 7.789 Kali
Visi dan Misi
17 Juni 2018 | 317 Kali
Cadiak Pandai
09 Maret 2019 | 273 Kali
Wisata Nagari Taram
07 April 2020 | 257 Kali
GEMA Taram Terjun Langsung Bantu Pemerintah Nagari Taram dalam Aksi Penyemprotan Desinfektan
17 April 2020 | 257 Kali
Aksi Nyata Berbagi Masker Gratis, GEMA Taram Diapresiasi Warga
17 Juni 2018 | 205 Kali
Aparatur Nagari