Selamat Datang di Nagari Taram, jam Pelayanan dibuka Pukul 08.00 sampai pukul 16.00 dengan jam istirahat 12.00 -13.00. Kepada Masyarakat yang berurusan ke Kantor Wali Nagari Taram Harap berpakaian sopan, memakai masker, mamatuhi protokol Covid-19 dan membawa slip pembayaran PBB. Untuk Layanan Mandiri Dapat menghubungi Nomor Whatsapp 0823 8463 1680 untuk mendapatkan PIN akun anda .Jaga selalu kesehatan kita. Terimakasih

Artikel

Nagari Taram adakan Posyandu serentak di Beberapa Jorong dan Sekaligus IVA tes

12 Juli 2019 09:43:14  Administrator  307 Kali Dibaca  Berita Desa

Selasa, 9 Juli 2019 Nagari Taram adakan Posyandu serentak di beberapa jorong diantaranya Jorong Balai Cubadak, Jorong Parak Baru, Jorong Tanjung Kubang dan Jorong Sipatai. Posyandu ini dilakukan rutin satu bulan sekali. Disamping Posyandu Nagari taram bersama Puskesmas Taram juga mengadakan sosialisasi Gigi sehat bagi anak diatas 2 Tahun di Posyandu tersebut sekaligus, dan bagi ibu ibu yang hadir diadakan Test IVA sekaligus. Berdasarkan Inovasi yang dimiliki Nagari Taram yaitu "Gebyar Nagari Taram Bebas Kanker Payudara dan Kanker Serviks 2020", Nagari bersama puskesmas langsng turun ke lapangan dan melakukan  Tes IVA yang dilakukan berbasis Posyandu. Tenaga Ahli dari Puskesmas didatangkan langsung ke Posyandu. 

     

Tes IVA adalah tes yang dilakukan untuk memeriksa kanker payudara dan kanker Seviks sehingga penyakit dapat diatasi sejak dini. Penyakit Kanker serviks dan Kanker Payudara ini menyerang perempuan yang sudah menikah. Kanker serviks ini disebabkan oleh usia, menikah muda (kurang dari 20 tahun), Mitra Seksual Multiple, Terpapar IMS ( Infeksi Menular Seksual), Banyak Melahirkan, Merokok, Devisiensi Vitamin A/C/E.

 

Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Serviks adalah Pendarahan Pervaginam, Keputihan bercampur darah dan berbau, Nyeri Panggul dan Anuria. Kebanyakan Penyakit Kanker Serviks tidak ditandai oleh gejala dan tanda tersebut.

Bagi masyarakat Nagari Taram, khususnya wanita yang telah menikah diharapkan sesegera mungkin test IVA ke puskesmas atau berdasarkan jadwal yang telah diatur di Posyandu Jorong masing masing. Test IVA dilakukan gratis untuk masyarakat yang memilki BPJS, namun bagi masyarakat yang tidak memilki kartu BPJS dikenakan biaya Rp. 10.000 saja. Ayoo segera lakukan tes IVA bagi yang belum, lebih baik mencegah daripada mengobati .-.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong Tanjuang Kubang Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : Taram
Kecamatan : Harau
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26271
Telepon : 0752789095
Email : walinagaritaram@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:136
    Kemarin:203
    Total Pengunjung:130.333
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.229.117.149
    Browser:Tidak ditemukan