Selamat Datang di Website Resmi Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. | Nagari Taram meraih Juara 1 dalam Lomba Nagari Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat. | Pelayanan Administrasi Nagari Taram buka pada setiap senin - Jumat, jam 08.00 WIB - 16.00 WIB. Bagi masyarakat yang berurusan ke kantor Wali Nagari Taram Harap berpakaian sopan, bagi wanita wajib berjilbab dan membawa slip bukti lunas pembayaran PBB. Terimakasih '_' Berhubung banyak nya kabut asap saat ini, diharapkan kepada masyarakat untuk memperbanyak minum dan mengurangi aktifitas di luar rumah agar terhindar dari penyakit. Jagalah kesehatan.

Halaman Berita Nagari

Nagari Taram Rewind Tahun 2019


31 Desember 2019 09:13:55 Administrator Berita

2019 menjadi tahun yang luar biasa untuk Nagari Taram, dimulai dengan berhasilnya Nagari Taram menjuarai beberapa lomba yaitu Juara I dalam Lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019,Juara I dalam Lomba Nagari berprestasi Tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2019, Juara I dalam Lomba Nagari Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019, Juara I Lomba Nagari/Desa berprestasi Tingkat Regional Tahun 2019, Juara I dalam Lomba PSM Teladan Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019, serta Juara V PSM Teladan se Indonesia tahun 2019.

Keberhasilan ini membuat Nagari Taram menjadi Nagari yang banyak dikunjungi oleh Nagari atau Desa dari berbagai kabupaten Kota yang ada di Sumatera Barat maupun Provinsi tetangga.

Dimulai sejak Agustus 2019 sampai akhir tahun 2019, Nagari Taram telah menerima kunjungan dari 83 Nagari. Angka ini menjadi rekor bagi Nagari Taram dalam menerima tamu kunjungan sepanjang dibentuknya Nagari Taram. Kunjungan ini terdiri dari berbagai unsur, baik dari perangkat Nagari, Wali Nagari, Camat, TPID, Bamus, Dinas Keuangan Pusat, Dinas Kominfo Pusat, Kementrian dalam Negeri maupun dari dinas terkait. Banyak nya kunjungan menjadikan peberitaan dari setiap kunjungan tidak dapat di ekspos oleh Pemerintah Nagari Taram, untuk itu Kami selaku pemerintah Nagari Taram mohon maaf kepada bapak ibu yang kunjungannya tidak dapat kami ekspos.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, termasuk Defrianto Ifkar dan Andri Yasmen, orang tersenyum, orang berdiri dan luar ruangan Gambar mungkin berisi: 2 orang, termasuk Defrianto Ifkar, orang tersenyum, orang duduk, dalam ruangan dan makanan

Kunjungan ini banyak dimaksudkan untuk melihat inovasi yang ada di Nagari Taram serta untuk mengetahui hal apa yang membuat Nagari Taram berhasil menjadi Juara Lomba Desa/Nagari berprestasi tingkat Regional 2019.

Wali Nagari Taram, Defrianto Ifkar menyampaikan, Nagari Taram berhasil menjadi Juara Desa berprestasi tahun 2019, adalah karena kerjasama dan rasa memiliki yang tinggi dari seluruh masyarakat Nagari Taram, Defrianto Ifkar juga menambahkan bahwa hal lainnya yang menjadikan Nagari Taram menang adalah karena percepatan pertumbuhan ekonomi yang ada di Nagari Taram.

Selain itu di tahun 2019, Nagari Taram melaksanakan beberapa pembangunan yaitu Dam Jalan Sorik-Muaro Jorong Parak Baru, lanjutan Jalan Simpang Rambai Polindes Jorong Tanjuang Ateh, Drainase Pasar Taram Jorong Balai Cubadak serta pembangunan Kantor Wali Nagari Taram.

Selain Pembangunan, Pemerintah Nagari Taram juga mengadakan beberapa pelatihan sebagai bentuk pemberdayaan bagi masyarakat, adapun pemberdayaan tersebut adalah sebagai berikut Pelatihan pengolahan Sampah bagi Pengurus Dasawisma di Nagari Taram, Pelatihan Pembuatan Pelet bagi anggota Pokmaswas yang ada di Nagari Taram, Pelatihan Pembuatan Anyaman Mansiang dan Ecoprint serta Sosialisasi Desa Aman Pangan.

  


Selain pembangunan dan pemberdayaan yang tersebut diatas, masih banyak lagi pembangunan dan pemberdayaan yang diadakan oleh dinas dinas terkait seperti puskesmas Taram, maupun pembangunan dari Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Pusat seperti Proyek Batang Sinamar Jorong Subarang Taram.

Tahun 2019, Nagari Taram juga berhasil mengadakan Tabligh Akbar bersama Ustad Abdul Somad, yang Alhamdulillah hasil infaknya dapat kita jadikan untuk renovasi Mesjid Baitul Kiramah Taram.

Tentunya tidak lupa juga, akhir tahun 2019, beberapa Jorong di Nagari Taram tertimpa musibah Banjir dan longsor akibat hujan deras yang melanda yaitu Jorong Subarang, Jorong Balai Cubadak, Jorong Tanjung Kubang dan Jorong Parak Baru. Dan tentunya tidak lupa kita ucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah ikut membantu menanggulangi bencana banjir dan pihak yang telah memberikan sumbangan bantuan kepada warga yang terkena bencana, semoga Allah membalas semua kebaikan bapak dan ibu dengan pahala yang berlipat lipat. Aaminn.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri dan luar ruangan Gambar mungkin berisi: 14 orang, termasuk Bambang Zulwadi Taram, orang tersenyum, orang berdiri dan luar ruangan 

Dengan berakhirnya tahun 2019 ini dan masuk ke tahun 2020. Syukur yang tak terkira juga tentunya kita ucapkan karena telah melewati 2019 yang luar biasa. Harapan kita semua tentunya Tahun 2020 ini Nagari Taram bertambah maju dan Nagari Taram terus berkembang ke arah yang lebih baik sehingga masyarakat nya dapat sejahtera dan damai. Tentunya tahun 2020 nanti kita berharap bencana banjir yang menjadi bencana tahunan Nagari Taram dapat kita hindari Amiinn, dan semoga tahun 2020 ini membuat kita lebih banyak bersuyukur dan semakin dekat kepada Allah SWT. Aaminn.

Salam.

 
 
 
 

Komentar artikel ini : Nagari Taram Rewind Tahun 2019

Tulis Komentar

Belum Ada Komentar.

Silakan tulis komentar dengan menekan tombol Komentar dan jangan lupa Gunakan bahasa yang santun. Terima Kasih.