Selamat Datang di Website Resmi Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. | Nagari Taram meraih Juara 1 dalam Lomba Nagari Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat. | Pelayanan Administrasi Nagari Taram buka pada setiap senin - Jumat, jam 08.00 WIB - 16.00 WIB. Bagi masyarakat yang berurusan ke kantor Wali Nagari Taram Harap berpakaian sopan, bagi wanita wajib berjilbab dan membawa slip bukti lunas pembayaran PBB. Terimakasih '_' Berhubung banyak nya kabut asap saat ini, diharapkan kepada masyarakat untuk memperbanyak minum dan mengurangi aktifitas di luar rumah agar terhindar dari penyakit. Jagalah kesehatan.

Halaman Berita Nagari

Banjir Landa Nagari Taram, 218 Rumah Kepala Keluarga Terendam Air


10 Desember 2019 13:22:32 Administrator Berita

Akibat tingginya curah hujan beberapa hari ini, Nagari Taram,Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat kembali dilanda banjir dan longsor, selasa, (10 Desember 2019).

 

Banjir melanda sejumlah kawasan di Nagari Taram, dan yang paling parah dialami Jorong Subarang. Air megenangi masuk sampai ke dalam rumah warga, akibatnya warga harus menaikkan barang barang berharga mereka ke tempat yang lebih tinggi. Beberapa warga yang rumahnya mengalami dampak yang lumayan parah memilih tidur di tenda pengungsian dan musholla terdekat yang tidak dijangkau air.

 

Banjir terjadi akibat luapan dari sungai batang Sinamar yang merupakan muara dari tujuh sungai. Menurut Kepala Jorong Subarang Nagari Taram Bambang Zulwadi ada 218 Kepala Keluarga yang rumahnya terendam banjir.  Selain Rumah warga, sawah dan areal perkebunan di sejumlah titik di Nagari Taram turut digenangi air. Menurut data yang didapat dari Pemerintah Nagari Taram kurang lebih 100 hektar areal perkebunan dan persawahan milik warga terendam air.

 

Selain Banjir, hujan deras juga mengakibatkan longsor di beberapa titik di Nagari Taram, yaitu Jalan Rilu ke Junguik Jorong Ganting mengalami longsor dan retak,  tali Bandar Junguik juga mengalami longsor, Jalan Paving Block di Jorong Tanjung Kubang ambruk.

 

Untuk mengantisipasi dampak yang lebih lanjut Tim BPBD Kabupaten  50 kota dan jajaran Polres Limapuluh Kotas serta Bigpol Zuyu Gianto selaku Kapolpos Nagari Taram turun ke lapangan. Bapak Bupati Lima Puluh Kota beserta Bapak Camat Harau ikut meninjau lokasi banjir di Jorong Subarang Nagari Taram.

Wali Nagari Taram Defrianto Ifkar beserta Perangkat Nagari dan relawan  mengatakan akan berusaha dalam mengatasi seluruh kendala dan musibah masyarakat yang terkena dampak banjir seperti mendirikan tenda darurat.

Komentar artikel ini : Banjir Landa Nagari Taram, 218 Rumah Kepala Keluarga Terendam Air

Tulis Komentar

Belum Ada Komentar.

Silakan tulis komentar dengan menekan tombol Komentar dan jangan lupa Gunakan bahasa yang santun. Terima Kasih.