Selamat Datang di Nagari Taram, jam Pelayanan dibuka Pukul 08.00 sampai pukul 16.00 dengan jam istirahat 12.00 -13.00. Kepada Masyarakat yang berurusan ke Kantor Wali Nagari Taram Harap berpakaian sopan, memakai masker, mamatuhi protokol Covid-19 dan membawa slip pembayaran PBB. Untuk Layanan Mandiri Dapat menghubungi Nomor Whatsapp 0823 8463 1680 untuk mendapatkan PIN akun anda .Jaga selalu kesehatan kita. Terimakasih

Artikel

Nagari Taram Kecamatan Harau KKota Siap Juarai Lomba Nagari Berprestasi Tingkat Nasional

17 Juli 2019 11:03:07  Administrator  553 Kali Dibaca  Berita Desa

Taram, Nagaritaram.com,  Nagari Taram mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam Lomba Desa/kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional yang dinilai pada tanggal 16 Juli 2019 oleh tim penilai dari Kementrian Dalam Negeri. Tim Penilai berjumlah 4 (empat ) orang yang diketuai oleh Ibu Dra. RR Dervy Diana M.Si, didampingi oleh Elly Sarmawati S.H, M.Si. , Marzhidi Bur M.adm KP, Amelinda Ayu Carissa putri S.STP. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh DMPD Provinsi Sumatera Barat, dan Bapak Bupati Lima Puluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi. 

 

Dalam sambutannya Bapak Bupati Limapuluh Kota,  Irfendi Arbi  berharap Nagari Taram dapat menjadi yang terbaik dan Menjuarai Lomba Nagari Berprestasi tingkat Nasional ini karena Nagari Taram memiliki Inovasi Yang sangat banyak dan semuanya Real sesuai dengan kebenarannya, dan masih memiliki banak potensi yang siap dikembangkan oleh Nagari. 

"Telah banyak kontribusi positif yang diberikan nagari Taram terhadap masyarakatnya. Kita sangat mengapresiasi hal ini, karena dengan hal tersebut perekonomian masyarakat berjalan baik, semoga dengan inovasi dan program yang dilakukan selama ini yang telah berjalan dengan baik akan berhasil mengatarkan nagari Taram menjadi nomor Satu di tingkat Nasional," "jelasnya. 
  
 
Raden Roro Devriana Delvi, ketua tim penilai, dalam sambutannya beliau pertama tama menyampaikan pesan menteri Kemendagri  Cahyo Kumolo, yaitu terimaksih kepada Nagari yang telah berusaha keras dalam memajukan Nagari dan semoga dengan adanya lomba Desa/ Kelurahan ini menambah motivasi Nagari dalam mengembangkan Nagari dan berlomba secara sportif dan positif.
 
"Kami menegaskan lomba ini ditujukan untuk mendorong pemerintah desa memaksimalkan potensi desa, mengetahui capaian yang ada di desa, sebagai wahan apresiasi dari pemerintah pusat ke pemerintah desa atas capaian Desa" Beliau Juga menambahkan  pada penilaian kali ini, adalah tahap klarifikasi setelah kami mendalami berkas yag telah dikirimkan oleh Pemerintah Desa beserta bapak Bupati Lima puluh Kota ke Kantor Pusat beberapa waktu lalu. Semoga apa yang ada di berkas benar adanya seperti hal tersebut di lapangan nantinya. Beliau juga mengatakan bahwa Nagari Taram telah meraih 5 (Lima) Besar tingkat Nasional Regional 1 dari 10 Provinsi sehingga Nagari Taram menjadi Nagari yang dikunjungi untuk Klarifikasi. Penilaian kali ini juga dimulai dengan ekpos Wali Nagari Taram Bapak Defrianto Ifkar S.Si, 
Dalam eksposnya beliau meyampaikan Inovasi yang telah dilakukan di Nagari Taram, diantaranya budidaya jamur dan pengolahannya, wisata di Nagari Taram, Nagari Taram sebagai Nagari SWA JKN, Relawan Pelita, Nagari Taram sebagai Nagari penghasil telur Ayam ke 3 paling besar di Provinsi Sumatera Barat, adanya  Pandam Pekuburan Nagari, serta kerjasama Nagari dengan Puskesmas Taram dalam Gebyar Taram bebas Kanker Serviks dan Kanker Payudara dengan tes IVA serta banyak lainnya," Wali Nagari Taram juga mengungkapkan bahwa beliau ingin menang secara sportif dan positif tanpa adanya kecurangan dan sesuai dengan yang keadaan yang sebenarnya.
 
                                                                                          
 
Setelah ekspos Wali Nagari Taram, penilaian dilanjutkan dengan Klarifkasi berkas serta tanya jawab bersama Wali Nagri Taram, Bupati Lima Puluh Kota, DPMD, dan OPD lainnya dan perangkat Nagari serta masyarakat Nagari yang terkait. Setelah klarifikasi berkas dilanjutkan dengan istirahat sholat dan makan bersama sebelum klrifikasi lapangan.
 
    
 
Klarifkasi lapangan dimulai dengan mengunjungi budidaya jamur tiram oleh kelompok dan melihat proses pengolahan jamur menjadi jamur krispi, rendang jamur, nugget jamur serta galamai jamur dilanjutkan dengan kunjungan Kebun Masyarakat "Hatinya PKK" dilanjutkan kunjungan ke Pabrik ayam Petelur, pengolahan serai Wangi, kebun lemon serta mengunjungi destinasi wisatta Kapalo Banda, dan tempat Pengolahan Sampah, dan diakhiri dengan kunjungan ke Posyandu terpadu.
   
 
Dengan adanya Lomba ini semoga Nagari Kita menjadi lebih berkembang dan meju serta dapat memanfaatkan Potensi yang ada di Nagari Taram secara maksimal sehingga bermamfaat bagi kemajuan masyarakat dan Nagari. Semoga Nagari Taram mendapatkan hasil yang terbaik, apapun hasilnya nanti Nagari Taram dan seluruh masyarakat serta seluruh Pemerintah Daerah yang telibat telah berusaha sebaik mungkin dan semoga lomba ini mendapat rahmat dari Allah SWT. Aamiinn...
 
 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong Tanjuang Kubang Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : Taram
Kecamatan : Harau
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26271
Telepon : 0752789095
Email : walinagaritaram@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:299
    Kemarin:408
    Total Pengunjung:236.869
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.90.211.141
    Browser:Tidak ditemukan