Selamat Datang di Nagari Taram, jam Pelayanan dibuka Pukul 08.00 sampai pukul 16.00 dengan jam istirahat 12.00 -13.00. Kepada Masyarakat yang berurusan ke Kantor Wali Nagari Taram Harap berpakaian sopan, memakai masker, mamatuhi protokol Covid-19 dan membawa slip pembayaran PBB. Jaga selalu kesehatan kita. Terimakasih

Artikel

LPHN TARAM

18 Januari 2018 08:48:22  Administrator  312 Kali Dibaca 

Hutan Nagari Taram ini terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota. Hutan Nagari Taram telah mengantongi izin PAK Menlhk Tahun 2016 silam dengan luas 800 Ha pada areal Hutan Lindung.

Dulunya, kawasan HL Taram telah diolah oleh masyarakat yang mengakui sebagai ulayat mereka. Komoditi yang ditanam kebanyakan karet dan sereh wangi.

Pada tahun 2016 diadakan sosialisi tentang PS di Nagari ini. Skema Hutan Nagari merupakan solusi bagi para peladang Taram, asalkan fungsi Hutan Lindung mampu mereka pertahankan.

Selama lebih kurang dua tahun berdiri, Hutan Nagari Taram menunjukkan hasil gemilang. Hal ini tak luput dari pembinaan dari KPHL 50 kota lewat PK pendamping, serta dukungan dari pihak kenagarian yang punya visi kuat dibidang lingkungan. Selain budaya bermufakat dalam nagari masih tinggi, ninik mamak menjadi orang yang disegani dalam kehidupan bernagari.

Di nagari Taram pernah dilakukan apel siaga pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Hutan nagari Taram terkenal dengan tanaman sereh wangi dan punya alat suling yang mumpuni. Hutan nagari taram ini, masih sangat asri sehingga banyak dijadikan percontohan bagi daerah tetangga maupun propinsi lainnya. Hutan Nagari Taram sering mendapat kunjungan sekolah lapangan sebagai contoh kunjungan dari Kabupaten  Solok Selatan, Solok, Kabupaten Sijunjung, Padang Pariaman, Agam dan Limapuluh Kota.

Selain kunjungan dari kabupaten tetangga tersebut, hutan nagari Taram baru baru ini juga mendapat kunjungan studi banding dari Provinsi Kalimantan.

 

Berikut ini keterangan tentang hutan nagari yang ditanami serai wangi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong Tanjuang Kubang Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : Taram
Kecamatan : Harau
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26271
Telepon : 0752789095
Email : walinagaritaram@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:122
    Kemarin:320
    Total Pengunjung:96.564
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.207.133.27
    Browser:Tidak ditemukan